Sekilas Pantai Tanjung Pasir


SEKILAS PANTAI TANJUNG PASIR
(Oleh : Admin KM Oceana - 4-Februari-2018)

Banyak yang menanyakan tentang lokasi pantai Tanjung Pasir di daerah Tangerang ini, ternyata masih banyak yang belum mengenal dan tahu lokasi persisnya, dimana pantai Tanjung Pasir tersebut.
Pantai Tanjung Pasir berada hanya sekitar 40Km dari tugu Monas, dan hanya berjarak 5 Km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, namun kondisi sekitar pantai Tanjung Pasir sepertinya masih jauh dari sentuhan kemajuan dan modernisasi kota besar.
Suasana jalan mendekati pantai Tanjung Pasir dikiri kanannya banyak terdapat tambak-tambak dan tempat pemancingan ikan bandeng, ada juga beberapa tempat makan yang menyajikan makanan tradisional seperti otak-otak dan ikan bakar berbagai jenis.


Tambak Ikan Tanjung Pasir

Dini Hari di Tanjung Pasir
 
Jalan Menuju Pantai Tanjung Pasir

Disana terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang ramai dipagi hari, dengan kegiatan jual beli ikan dalam skala besar, jika anda memerlukan beragam jenis ikan untuk keperluan anda baik partai besar maupun eceran, perlu dipertimbangkan membeli disini dan memanfaatkan kesempatan ini, karena selain murah, ikan-ikan yang dijual disini juga bermacam ragamnya, serta dijamin segar. Untuk distribusi sekitar Tangerang, para makelar ikan biasa membeli ikan disini, ada baiknya jika sekali-sekali mencoba membeli ikan dengan harga murah disini, sambil menghemat pengeluaran anda.
Walaupun kampung nelayan disana terlihat kotor dan kumuh, namun sejatinya pantai Tanjung Pasir tersebut memiliki pantai berpasir putih yang indah, yang berada disebelah timur dari TPI tersebut.
Disebelah kanan TPI terdapat kampung-kampung nelayan, yang bermata pencaharian sehari-hari sebagai nelayan ikan dan pencari udang serta cumi.

Pantai Tanjung Pasir

Kapal Nelayan Tanjung Pasir

Sandaran Kapal Pantai Tanjung Pasir

Kehidupan nelayan sekitar pantai Tanjung Pasir tersebut amat memprihatinkan, dengan pendapatan kotor sekitar rata-rata 1 juta rupiah perbulannya, tentu tidak akan mencukupi untuk hidup layak bagi mereka, terlebih jarak pantai Tanjung Pasir tersebut hanya sekitar 40 Km dari Tugu Monas dan 5 Km saja dari Bandara Internasional, ironis memang. Siapa lagi kalau bukan kita yang akan memajukan pariwisata pantai Tanjung Pasir tersebut?.Kawasan wisata pantai Tanjung Pasir ini sendiri berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Di Pantai ini, biasanya dikunjungi para wisatawan lokal sekitar Tangerang saja yang mengenalnya. Bayangkan potensi wisata tersebut jika dikelola manjadi seperti Ancol, maka tidak hanya menguntungkan devisa pendapatan daerah, tapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan sekitarnya. Di pantai Tanjung Pasir dengan mudahnya para pelancong bisa melihat pesawat take off dan landing karena pantai ini hanya berjarak sekitar 5 km dari bandara Soekarno Hatta.Untuk masuk ke kawasan wisata pantai Tanjung Pasir, para pelancong hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 15.000.Banyak yang bertanya, tentang aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di pantai tersebut, disana terdapat banyak kapal kecil yang biasa digunakan untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Pelancong yang ingin menyeberang ke pulau tersebut biasanya naik perahu kecil milik penduduk setempat, secara rombongan. Namun perlu diperhatikan juga keselamatan anda dan berhati-hati juga dalam memilih perahu untuk menyeberang. Jika anda tiba di lokasi wisata Pantai Tanjung Pasir anda akan dengan mudah menjumpai kapal penumpang untuk menyeberang ke pulau Untung Jawa di kawasan Kepulauan Seribu. Biaya untuk menyeberang ke pulau Untung Jawa terbilang terjangkau dan relatif harganya, tergantung suasana dan musim liburan, namun masih berkisar Rp 20.000 sampai dengan Rp.50.000 per orang. Di pantai yang indah dan berpasir putih di pulau Untung Jawa ini, air laut masih terlihat biru dan jernih. Selain itu  anda akan merasakan kesejukan udara yang bebas dari polusi dan sangat berbeda dibanding suasana hiruk pikuk perkotaan. Jika anda membawa kendaraan dalam berwisata, jangan khawatir karena disana terdapat tempat parkir di pantai Tanjung Pasir tersebut, dan masih terbilang luas dan nyaman untuk wisatawan yang membawa kendaraan. Di sana ada parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang juga bisa menampung kendaraan wisatawan dalam jumlah banyak, terlihat potensi wisata disana masih sangat layak dan bisa dikembangkan. Semoga kawasan Tanjung Pasir mendapat perhatian dari Pemda Tangerang dan berkontribusi terhadap pariwisata Tangerang. 








Comments

Popular Posts