Pesona Pulau Bokor


(Oleh : Admin KM Oceana - 14-Sep-2017)

Pulau Bokor merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu , DKI Jakarta. Yang berjarak sekita 7 Kilometer (3.7 Mil Laut) dari pantai Tanjung Pasir. Pulau ini sangat dekat dijangkau dari pantai Tanjung Pasir Tangerang, dibanding pantai lainnya di Jakarta. Dari Tanjung Pasir hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit perjalanan laut menggunakan KM Oceana yang bermesin tempel.
Pulau Bokor di kejauhan
Kawasan ini telah ditetapkan sebagai daerah konservasi (cagar alam) sejak tahun 1931, terdapat jenis-jenis pohon pantai seperti Kepuh, Ketapang, Asam dan Melinjo. Pulau bokor yang berpantai pasir putih ini tidak berpenghuni, dan hanya dihuni oleh kera berekor panjang, serta binatang lain seperti kura-kura, biawak, kadal. 
Papan nama pulau Bokor
Kera-kera di Pulau Bokor sangat jinak bahkan cenderung pemalu dan penakut terhadap manusia. Sejenak jika kita menginjakkan kaki di Pulau ini, maka kera-kera tersebut akan datang menghampiri kita dengan menjaga jarak, jika kita memberi makan mereka maka mereka akan lari berlindung, maka sebaiknya makanan tersebut ditinggalkan saja didekat mereka, yang nantinya mereka akan menghampiri makanan tersebut.


Menjelang senja di pulau Bokor
Pantai pulau Bokor
Monyet pulau Bokor
Di Pulau tersebut terdapat bangunan tua yang bisa digunakan untuk berteduh, sambil membakar ikan hasil memancing, ikan yang berhasil kami dapat sangat bervariasi dan kebanyakan sangat jarang ditemukan dipasar sehari hari, seperti ikan kakak tua, kerapu macan, kerusi dan jenaha.

Istirahat di pantai pulau Bokor

Pulau Bokor masih menyisakan banyak misteri yang bisa kita eksplorasi lebih jauh kedalam. Berikut gambar hasil liputan wisata bersama KM Oceana ke Pulau Bokor, alangkah baiknya jika kita ikut melestarikan Pulau tersebut dan membantu menjaga kebersihan pantai yang berpasir putih itu, kalau bukan kita siapa lagi?. (Admin KM Oceana).

Comments

Popular Posts